Pelatihan SKTNP Barang, SKTNP Jasa, dan SKNP Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur

Siaran langsung Rilis Berita Resmi Statistik BPS Provinsi Kalimantan Timur dapat disaksikan melalui kanal Youtube BPS Kaltim

Untuk update informasi terbaru kegiatan BPS Kaltim, ikuti akun Instagram Resmi BPS Kaltim

Ikuti Survei Kebutuhan Data BPS Provinsi Kalimantan Timur dan bantu kami meningkatkan layanan! Klik disini untuk berpartisipasi.

Pelatihan SKTNP Barang, SKTNP Jasa, dan SKNP Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019

Pelatihan SKTNP Barang, SKTNP Jasa, dan SKNP Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019

5 Maret 2019 | Kegiatan Statistik


Samarinda – Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu indikator ekonomi yang telah diterbitkan secara rutin tiap triwulannya oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Penyusunan PDRB memerlukan berbagai data seperti data produksi/indikator produksi, data harga/indikator harga, dan data struktur biaya/konsumsi antara. Namun, dalam kenyataannya data tersebut, khususnya untuk periode triwulanan belum tersedia terutama data lapangan usaha jasa. Oleh sebab itu Direktorat Neraca Produksi melaksanakan Survei Khusus Triwulanan Neraca Produksi (SKTNP) Barang dan Jasa dan Survei Khusus Neraca Produksi (SKNP), untuk memenuhi kebutuhan data dalam menyusun PDRB triwulanan dan tahunan.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan Pelatihan SKTNP Barang, SKTNP Jasa, dan SKNP Tahun 2019 Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Harris, Samarinda. Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 05 – 06 Maret 2019. Jumlah peserta pada pelatihan ini adalah 19 (sembilan belas) orang yang terdiri dari 10 (sepuluh) orang perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur dan 8 (delapan) orang dari BPS Provinsi Kalimantan Timur, dan 1 (satu) orang Innas (Instruktur Nasional) dari BPS RI. Pelatihan SKTNP Barang, SKTNP Jasa, dan SKNP Tahun 2019 Provinsi Kalimantan Timur dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur.

“Hasil evaluasi survei khusus neraca produksi pada tahun 2018 untuk Provinsi Kalimantan Timur lebih dari 100 (seratus) persen, kedepannya realisasi survei khusus ini saya harap untuk tetap dipertahankan dan ditingkatkan walaupun kegiatan di lapangan banyak yang beririsan. Atur jadwal sebaik mungkin sehingga seluruh kegiatan yang beririsan dapat dijalankan dengan baik,” ungkap Kepala BPS Provinsi Kalimantan Timur dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan ini.

Dari survei khusus ini nantinya diharapkan data yang diperoleh dapat memenuhi kebutuhan data yang memuat informasi jangka pendek (triwulanan) dan dapat menjadi bahan pendukung untuk jangka panjang (tahunan). Kepala BPS Provinsi Kalimantan Timur juga meminta kabupaten/kota untuk mulai mencatat dan merekap seluruh fenomena ekonomi di kabupaten/kota masing-masing untuk memudahkan dalam penghitungan PDRB triwulanan dan tahunan. (Nindia Indri D)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur (BPS-Statistics Kalimantan Timur Province)Jl. Kemakmuran No.04 Samarinda 75117

Telp (0541) 732793

743372

Mailbox : bps6400@bps.go.id    

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik