BPS Kalimantan Timur Gelar Pelatihan Instruktur Daerah (Inda) Survei Angkatan Kerja Nasional 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur

Siaran langsung Rilis Berita Resmi Statistik BPS Provinsi Kalimantan Timur dapat disaksikan melalui kanal Youtube BPS Kaltim

Untuk update informasi terbaru kegiatan BPS Kaltim, ikuti akun Instagram Resmi BPS Kaltim

Ikuti Survei Kebutuhan Data BPS Provinsi Kalimantan Timur dan bantu kami meningkatkan layanan! Klik disini untuk berpartisipasi.

BPS Kalimantan Timur Gelar Pelatihan Instruktur Daerah (Inda) Survei Angkatan Kerja Nasional 2020

BPS Kalimantan Timur Gelar Pelatihan Instruktur Daerah (Inda) Survei Angkatan Kerja Nasional 2020

15 Januari 2020 | Kegiatan Statistik


Samarinda - BPS Provinsi Kalimantan Timur kembali melaksanakan salah satu kegiatan rutinnya, yakni Pelatihan Instruktur Daerah Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Tahun 2020. Pelatihan ini merupakan tanda dimulainya rangkaian kegiatan Sakernas, pendataan yang bertujuan untuk menyediakan data strategis ketenagakerjaan seperti pengangguran, angkatan kerja, dan sebagainya. Sakernas 2020 juga tetap mengumpulkan informasi terkait fenomena ekonomi digital sebagai salah satu langkah menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0.
Hal baru pada Sakernas 2020 adalah penambahan pertanyaan terkait pengalaman kerja di luar negeri. Pertanyaan ini bertujuan untuk menghasilkan informasi mengenai pekerja migran yang sejalan dengan salah satu indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu indikator 10.7.1, yang terkait dengan biaya rekrutmen tenaga kerja ke luar negeri.
"Meskipun kegiatan sangat padat pada waktu yang bersamaan, kualitas data tetap harus diperhatikan. Oleh karena itu, saya minta Inda yang dilatih di sini, berperan aktif mengawal kualitas data Sakernas 2020 di wilayahnya masing-masing. Saya juga perlu mengingatkan pentingnya mematuhi jadwal pelaksanaan kegiatan Sakernas tahun 2020 ini berjalan tepat waktu tanpa mengabaikan kualitas data." ungkap Kepala BPS Provinsi Kalimantan Timur, Dr. Drs. Anggoro Dwitjahyono M.Si. saat membuka pelatihan ini.
Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada calon inda mengenai konsep dan definisi terbaru dalam Sakernas 2020. Diharapkan, dengan pelatihan ini, para inda memiliki konsep yang sama pada saat mengajar petugas lapangan di daerah masing-masing. Peserta inda yang hadir mewakili semua kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur; mulai dari Kota Balikpapan, Kota Samarinda hingga Kab Mahakam Ulu.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur (BPS-Statistics Kalimantan Timur Province)Jl. Kemakmuran No.04 Samarinda 75117

Telp (0541) 732793

743372

Mailbox : bps6400@bps.go.id    

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik