Pelatihan Petugas Lapangan Survei E-Commerce 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur

Siaran langsung Rilis Berita Resmi Statistik BPS Provinsi Kalimantan Timur dapat disaksikan melalui kanal Youtube BPS Kaltim

Untuk update informasi terbaru kegiatan BPS Kaltim, ikuti akun Instagram Resmi BPS Kaltim

Ikuti Survei Kebutuhan Data BPS Provinsi Kalimantan Timur dan bantu kami meningkatkan layanan! Klik disini untuk berpartisipasi.

Pelatihan Petugas Lapangan Survei E-Commerce 2019

Pelatihan Petugas Lapangan Survei E-Commerce 2019

30 April 2019 | Kegiatan Statistik


Samarinda - Seperti diketahui, sesuai dengan perkembangan ekonomi, sekarang ini sudah banyak transaksi yang tidak dilakukan secara face to face. Masyarakat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membeli dan/atau menjual barang dan/atau jasa melalui internet. Fenomena ini dikenal dengan e-commerce yaitu menyediakan pilihan cara belanja bagi masyarakat dengan tidak perlu datang ke toko (face to face).

Bulan Mei-Juni nanti,  BPS akan melakukan pendataan e-commerce berbasis perusahaan untuk memperoleh gambaran perkembangan usaha e-commerce dari sudut pandang pelaku usaha e-commerce  dengan metode go digital berbasis CAPI (Computer Assisted Personal Interview). Selain itu, teknik crawling juga akan diterapkan untuk melengkapi daftar pelaku usaha e-commerce yang dapat dimanfaatkan untuk memutakhirkan sampling frame usaha e-commerce.

Menghadapi agenda tersebut, pada tanggal 30 April 2019 BPS Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Pelatihan Petugas Lapangan Survei E-Commerce 2019 di Hotel Horison, Samarinda. Acara dibuka oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (30/4) didampingi seluruh kepala Bidang dan Bagian.

“Survei ini baru dilakukan oleh BPS yang secara tidak langsung akan digunakan menjadi basis data yang pertama untuk usaha e-commerce. Oleh karena itu, kegiatan ini harus berhasil dengan baik, kalau tidak maka data usaha e-commerce tidak bisa terwakili dan basis data tidak terbentuk. Saya berharap pada pelatihan ini banyak dilakukan diskusi, karena dengan diskusi biasanya hasilnya akan lebih bagus”, ujar Atqo dalam sambutannya. (Humas/DW)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur (BPS-Statistics Kalimantan Timur Province)Jl. Kemakmuran No.04 Samarinda 75117

Telp (0541) 732793

743372

Mailbox : bps6400@bps.go.id    

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik